brand awareness

3 Jenis Brand Awareness yang Harus Diketahui

Agar produk Anda bisa dikenal oleh masyarakat luas, maka Anda harus melakukan brand awareness seperti di social media. Tanpa ada brand awareness, tidak ada orang yang tahu produk Anda. baik untuk jenis produk baru maupun produk lama.

Brand awareness juga berfungsi untuk meningkatkan trust dari konsumen. Hal ini karena konsumen akan cenderung memilih atau membeli sesuatu yang diketahui dan dipercayai. Kala produk tersebut dikeluarkan di pasaran namun tidak ada yang tahu apa itu produknya, maka tidak ada yang membeli.

Selain itu, ada 2 manfaat lainnya dari brand awareness, yaitu:

  • Mengukur Kinerja dari Sebuah Brand

Saat Anda membangun sebuah bisnis, maka Anda perlu melakukan pembaharuan produk. Tujuannya adalah agar brand Anda tidak kalah dengan kompetitor dan memenuhi permintaan konsumen.

Dengan brand awareness tersebut, Anda bisa tahu apakah kondisi brand anda stagnan, meningkat atau justru menurun.

  • Membantu Menyusun Strategi

Dari brand awareness, Anda akan tahu apa yang harus dilakukan. Misalnya konsumen Anda mengeluh karena produk kurang up to date, maka Anda bisa memproduksi produk yang baru. Dengan kata lain, brand awareness juga bisa membantu Anda agar brand Anda tetap bertahan dan semakin maju.

Jenis Brand Awareness

Brand awareness itu sendiri ada 3 jenis yaitu:

  • Brand recognition

Jenis brand awareness ini disebut juga dengan aided recall. Jenis brand awareness ini adalah kemampuan konsumen mengenali suatu produk ketika konsumen melihat produk tersebut. Ibaratnya , dengan brand awareness ini, konsumen akan dapat mengetahui brand Anda walaupun hanya sekali lihat. Misalnya bisa berdasarkan warna, logo atau apapun yang identic dengan brand/produk Anda,

  • Brand Recall

Disebut juga dengan spontaneous recall atau unaided recall. Jenis brand awareness ini mengacu ke kemampuan dari konsumen untuk mengingat nama merek yang diingat berdasarkan pada kategori produk.

Bisa dikatakan Anda menanamkan memori atau sesuatu tentang brand Anda sehingga dikenali oleh konsumen Anda sesuai kategori produk. bedanya dengan jenis brand awareness yang pertama adalah, jenis brand awareness ini berkaitan dengan kategori produk Anda.

  • Top of Mind Awareness

Jenis brand awareness yang dikenal juga dengan nama TOMA ini mengacu ke brand atau produk tertentu yang mengacu pada produk ataupun brand tertentu ketika memikirkan industry atau kategori tertentu.

Walaupun begitu, sebelum Anda melakukan brand awareness, Anda harus menentukan lebih dahulu tujuannya. Apakah tujuannya meningkatkan trust, memperkenalkan produk baru ataupun mengingatkan produk lama Anda walaupun Anda sudah memiliki produk yang baru.

Jika Anda masih bingung menentukan akan melakukan strategi seperti apa, Anda bisa menggunakan jasa sosial media marketing yang terpercaya. Semoga informasi ini memiliki manfaat untuk Anda. 

About the author