backlink pbn

Apa Itu Private Blog Network?

Ada banyak jenis backlink dan salah satunya adalah backlink PBN. Jenis backlink PBN ini termasuk sebagai salah satu backlink yang berkualitas. Namun, apa yang dimaksud dengan PBN? Simak informasi di halaman ini untuk tahu informasi selanjutnya.

Pengertian PBN

PBN itu sendiri merupakan kependekan dari Private Blog Network. Jenis blog ini berbeda dengan blog biasa yang Anda buat. Ini disebabkan karena PBN memang dibuat dengan tujuan tertentu yaitu untuk kepentingan backlink ke blog utama. Jadi, dapat dikatakan jika PBN adalah blog yang dibuat khusus untuk menempatkan backlink.

Cara ini sebenarnya sudah dilakukan sejak lama bahkan hingga saat ini masih dilakukan. Salah satu tujuannya adalah untuk optimasi SEO off page. Dengan memaksimalkan PBN ini maka website utama dapat muncul di halaman pertama di halaman pencarian.

Lalu apa bedanya blog biasa dengan PBN? 

Jika dilihat sekilas, blog biasa dengan PBN tidak terlalu memiliki perbedaan yang berarti. Namun, ada perbedaan yang jelas di bagian metric domainnya. Domain yang dipergunakan oleh PBN adalah jenis domain yang tua. Sedangkan untuk blog biasa, umumnya menggunakan domain tangan pertama.

jenis domain
jenis domain

Kenapa PBN itu penting? Google tidak mengecek blog tersebut milik siapa, apakah pemiliknya sama atau tidak. hal yang dilihat dari google adalah websitenya, misalnya konten. Jika PBN ini Anda kelola dengan baik, nantinya akan menularkan atau menyambungkan authority ke blog utama. Dengan begitu, Google akan memprioritaskan moneysite agar dilihat oleh banyak pengguna.

Jika dilihat, memang PBN masuk dalam kategori abu-abu. Website ini tentunya tidak akan menjadi masalah untuk Google sehingga aman dari algoritma. Namun, jika dibuat tidak berdasarkan apda pedoman yang ada dan berlebihan, maka akan dianggap spam dan kemudian dihapuskan.

Manfaat PBN

jika membicarakan mengenai harga, tentunya PBN memiliki harga yang tidak murah. Anda harus membeli domain dan juga hosting (jika belum ada) untuk membuat PBN. Namun, disisi lain, cara ini memiliki manfaat yang sebanding terutama untuk jangka panjang. Manfaat tersebut diantaranya adalah:

  1. Dapat menaikkan rangking website di kata kunci tertentu yang sudah dibidik.
  2. Mengoptimasi banyak moneysite.
  3. Jika trafik website bagus, mkaa Anda dapat menggunakannya untuk dipasangi iklan.
  4. Investasi jangka panjang. Misalnya mendatangkan uang lewat adsense yang dipasang.

Plus Minus PBN

Walaupun PBN memiliki manfaat seperti yang sudah disebutkan di atas, namun ada kelemahan dan kelebihannya sebagai berikut:

  • Kelemahan:
  1. Butuh modal yang besar untuk domain dan hosting.
  2. Pembuatan yang cukup rumit.
  3. Perlu perawatan ekstra, misalnya harus update setiap saat.
  • Kelebihan:
  1. Memiliki efek yang powerful.
  2. Memiliki outbound link yang terkontrol.
  3. Perubahaan bisa cepat dirasakan.
  4. Sumber backlink relevan sehingga dapat terindeks oleh mesin pencari.
  5. Bisa juga dipergunakan untuk penyedia jasa backlink PBN.

Dari informasi tersebut, sedikit membuktikan jika PBN menjadi salah satu sumber backlink yang baik yang dapat Anda coba. Namun, tetap hati-hati dalam menaruh link dan tidak terlalu banyak agar tidak dianggap spam. 

About the author