Product Photography

Bagaimana Sebuah Foto Produk Bisa Meningkatkan Penjualan

Toko online memang sangat memudahkan dan efisien dalam masalah biaya dan operasional. Namun, sayangnya pelanggan tidak bisa menyentuh, atau merasakan produk yang hendak mereka beli. Oleh karena para calon pembeli ini sangat tergantung dengan foto produk yang ditampilkan.

Foto produk merupakan cara terbaik untuk memberikan pesan kepada pembeli bahwa barang-barang yang dijual adalah barang yang berkualitas. Toko online sama dengan etalase toko pada umumnya, oleh karena itu sangat penting untuk memakai foto produk yang benar-benar tepat.

Dengan alasan ini, foto produk seakan bertindak sebagai ujung tombak dari penjualan anda. Sedikit – banyaknya penjualan pun akan sangat tergantung pada bagaimana anda menampilkan produk-produk yang dijual dalam sebuah frame gambar. 

https://bigfishmusic.net dalam artikel ini akan menjelaskan bagaimana sebuah foto produk bisa membantu meningkatkan penjualan, dan jenis foto produk yang paling sering digunakan.

Foto Produk Cerminan Kualitas Produk Yang Dijual

Dari hasil riset, 93% pembeli memutuskan untuk membeli sebuah barang atau tidak, berdasarkan dari tampilan visual produk tersebut. Foto produk yang baik dan tepat, bisa memberikan kesan bagaimana kualitas dan bahan produk itu, serta bagaimana penampakan ketika produk tersebut saat dipakai. 

Foto Produk Membantu Membangun Branding

Salah satu pentingnya fokus pada kualitas foto produk karena bisa membantu membangun citra brand. Cara bagaimana mengedit foto, menghadirkan mood dalam frame, pencahayaan, dan warna yang digunakan, bisa membantu calon pembeli menentukan pilihan yang mereka cari.

Cara lain untuk membangun branding melalui foto produk adalah dengan memberikan ciri khas pada setiap foto yang digunakan. Sehingga kedepannya brand anda bisa dengan mudah dikenali oleh mereka yang melihat foto produk anda.

2 Jenis Foto Produk

Dalam dunia fotografi produk, ada 2 jenis cara dalam menampilkannya yakni : 

  • Product Only – Yakni dalam sebuah frame foto produk hanya terdiri dari gambar produknya saja. Biasanya menggunakan background dengan 1 warna solid saja. Kebanyakan background yang digunakan berwarna putih, namun jika produknya memiliki warna putih, maka menggunakan background warna gelap sangat disarankan.

Biasanya foto akan diambil dengan berbagai sudut, dengan tujuan untuk memberikan gambaran lebih detail dari produk tersebut. Sehingga memudahkan calon pembeli melihat produk itu dari berbagai sisi. 

  • Lifestyle – Biasanya foto produk jenis ini diambil bersama model yang mengenakan produk tersebut. Tujuannya, agar calon pembeli bisa melihat bagaimana tampilan produk saat digunakan. Misalnya, produk pakaian yang dikenakan oleh seorang model, produk peralatan yang diletakkan di atas meja, atau juga produk furniture yang ditempatkan di sebuah ruangan. 

Foto produk jenis ini lebih cocok untuk diunggah di konten sosial media, dikirimkan pada email langganan, atau pada iklan untuk menarik      minat calon pembeli yang belum tahu tentang produk tersebut.

About the author