Biaya pembuatan logo

Biaya Pembuatan Logo Ditinjau dari 3 Tahap Desain

Biaya pembuatan logo kerap menjadi perdebatan yang tidak ada ujungnya. Ini disebabkan karena kebanyakan orang melakukan kalkulasi secara subjektif, tidak berdasarkan poin-poin pertimbangan yang bisa disepakati bersama. Jika ditinjau dari tahap-tahap dalam pembuatan sebuah karya, harga jasa desain tentu dapat dikalkulasi secara lebih matang guna menghasilkan nominal yang ideal untuk semua pihak.

Dalam bidang desain grafis, proses pembuatan sebuah desain dapat dikelompokkan menjadi beberapa tahap. Dari sudut pandang pebisnis, setiap tahapnya mengandung berbagai hal yang turut memengaruhi biaya jasa. Hal-hal inilah yang perlu didiskusikan bersama dengan desainer agar rincian biaya dapat dibuat secara lebih presisi. Faktor penentu harga yang umumnya tercantum dalam kerja sama, di antaranya :

 

Langkah-langkah Menghitung Biaya Pembuatan Logo

 

  • Biaya Materi

Kalau Anda menggunakan teknik tipografi di dalam logo, Anda pasti membutuhkan font yang estetik dan sesuai dengan karakter bisnis Anda. Begitu juga dengan materi-materi lain, misalnya template logo premium dari situs-situs berbagi vector. Semua materi berbayar tersebut harus Anda perhitungkan dalam menentukan biaya pembuatan logo.

Anda juga harus siap mengeluarkan lebih banyak uang jika ingin menggunakan software desain grafis premium yang belum dimiliki desainer. Biasanya, desainer menggunakan software desain grafis populer seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, dan Adobe Photoshop. Tapi kalau Anda ingin mendapatkan desain logo dalam format vector di luar ketiga software tersebut, Anda juga harus siap membayar biaya lisensi untuk mendapatkan hak penggunaan software yang Anda pilih.

 

  • Biaya Desain

Setelah menyepakati konsep dan tema logo yang akan dibuat, desainer akan mulai melakukan pengerjaan. Ini adalah biaya pokok yang harus Anda bayarkan sebagai imbalan jasa. Jika Anda membutuhkan logo untuk toko online, desainer profesional tahu betul bagaimana cara membuat logo olshop yang ideal dan efektif untuk bisnis.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan juga bervariasi. Ada yang bisa diselesaikan kurang dari sepekan, ada juga yang memakan waktu hingga beberapa minggu atau bulan. Tergantung pada tingkat kesulitan dan kompetensi desainer yang mengerjakannya.

 

  • Biaya Revisi

Setelah desainer selesai mengerjakan logo yang Anda pesan, ada tahap revisi yang memberikan kesempatan pada Anda untuk mengajukan perubahan desain. Ini diperlukan jika ada bagian-bagian tertentu yang menurut Anda perlu diubah. Biasanya, jumlah revisi maksimal ditentukan sejak awal kesepakatan dan sudah termasuk dalam biaya pembuatan logo.

Jika pada prosesnya Anda memerlukan lebih banyak revisi dari yang sudah disepakati, Anda harus siap untuk mengeluarkan uang lebih. Revisi di luar kesepakatan tentu saja dikenakan biaya tambahan. Nominal biaya revisi tambahan ini juga sebaiknya ditentukan pada tahap diskusi project agar tidak menimbulkan konflik di kemudian hari.

 

Tentukan Biaya Pembuatan Logo Lewat Negosiasi Project

Jika Anda ingin menggunakan jasa profesional, kami sarankan untuk memanfaatkan situs-situs freelance seperti Sribulancer.com. Di sana, diskusi dan negosiasi mengenai project dan biaya jauh lebih aman karena dimediasi oleh pihak situs. Cara ini menguntungkan semua pihak, baik dari sudut pandang pencari jasa, penyedia jasa, maupun pihak situs sebagai mediator. Selain itu, rentang harga di sana juga lebih rasional sehingga Anda bisa mendapatkan biaya pembuatan logo terbaik dengan mekanisme yang terjamin keamanannya.

About the author