digital marketing funnel

Mau Memulai Suatu Bisnis? Cari Tahu Dulu Arti Funnel Untuk Memulai Bisnis

Mau Mulai Bisnis? Cari Tahu Dulu Arti Funnel Untuk Memulai Bisnis

Untuk memulai suatu bisnis, tentunya membutuhkan proses yang tepat dan strategi yang pas. Terutama untuk masa seperti ini, kebutuhan akan internet semakin memuncak. Dan membuat orang terus berinovasi untuk memanfaatkan internet sebagai ladang pendapatan.

 

Dan diantara sekian proses yang berdampak adalah sales funnel dan marketing funnel.  Keduanya memiliki kaitan yang erat dengan perilaku konsumen yang selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Dengan menggunakan digital marketing funnel tentunya menjadi kunci agar proses bisnis yang sedang Anda kembangkan terus berjalan dan mampu untuk beradaptasi dengan segala perubahan tersebut.

 

Mau Mulai Bisnis? Cari Tahu Dulu Arti Funnel Untuk Memulai Bisnis

 

Untuk menjalankan suatu bisnis secara online, Anda membutuhkan yang namanya sales funnel. Dimana konsep ini dapat membuat bisnis Anda terus berkembang dalam waktu singkat. Yaitu dengan membuat calon konsumen berpindah dari satu tahapan ke tahapan lainnya sehingga pada akhirnya memutuskan untuk membeli produk yang Anda jual.

 

Apa arti funnel?

Funnel sendiri merupakan konsep marketing yang memetakan perjalanan dari calon konsumen saat akan melakukan pembelian. Dan konsep ini biasanya dibuat dengan menggunakan model funnel atau corong sebagai analoginya. Pada awal usaha Anda mungkin akan mendapatkan banyak perhatian dari konsumen, namun pada akhirnya yang memutuskan untuk membeli hanya sedikit.

 

Apabila calon konsumen berhasil melalui tahapan yang ada dalam funnel, itu menandakan kalau calon konsumen berkomitmen sampai akhirnya melakukan pembelian.  Dan menariknya, banyak pebisnis yang menggunakan marketing funnel sebagai panduannya dalam berbisnis.

 

Ada tiga alasan mengapa Anda harus serius untuk menggunakan marketing funnel dalam berbisnis, diantaranya adalah:

 

  • Memberikan calon konsumen apa yang mereka inginkan dengan cara Anda memahami mereka. Dengan mengadaptasi marketing funnel tidak hanya meningkatkan keterlibatan pelanggan, tetapi juga Anda harus mampu memberi mereka informasi yang tepat dan dalam waktu yang tepat.
  • Untuk pemasaran bisnis yang dilaksanakan secara online, Anda harus mengirimkan konten yang disesuaikan dengan pelangan merupakan hal yang mudah. Tetapi pads prakteknya masih banyak yang gagal. Hal tersebut karena mereka tidak menggunakan konsep marketing funnel, yang digunakan untuk menyesuaikan konten mereka begitu juga meningkatkan pengalaman pada saat mengedukasi calon konsumen tentang bisnis Anda.
  • Yang terakhir dan yang paling penting adalah mengetahui tingkat dengan pasti keinginan pelanggan Anda. Hal tersebut sangat penting karena memiliki kaitan yang sangat erat dengan bagaimana cara Anda untuk memotivasi calon pelanggan.

 

Ada 6 tahapan yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan marketing funnel, bahkan dapat memberikan Anda keuntungan yang besar, yakni:

  • Exposure
  • Discovery atau penemuan
  • Consideration atau pertimbangan
  • Konversi
  • Hubungan dengan pelanggan
  • Retensi

 

Untuk menjalankan bisnis dengan konsep marketing funnel, Anda dapat menggunakan 3 cara, yakni:

  • Saluran konversi = akuisisi, konversi, dan monetisasi
  • Sales funnel
  • Sosial media funnel

 

Kesimpulannya, untuk menjalankan suatu bisnis agar terus berjalan dan selalu menguntungkan, dengan menggunakan konsep marketing funnel bisa menjadi kunci sukses Anda. Ketahui dengan pasti arti funnel sebelum bertindak kemudian lakukan dengan ketelitian. Bila Anda sudah mampu untuk memahami dengan baik apa itu funnel berikut dengan tahapannya, maka langkah untuk menjadi sukses sudah ada di depan mata.

 

Demikian informasi mengenai arti funnel dan juga tahapannya yang dapat Anda gunakan dalam berbisnis. Asal teliti dan sabar, tentu proses tidak akan pernah mengkhianati hasil. Semoga bermanfaat dan membantu Anda!

 

About the author