Menulis Artikel Secara Natural, Bantu Pembaca Lebih Betah

Menulis Artikel Secara Natural, Bantu Pembaca Lebih Betah

Pentingnya menulis artikel secara natural akan meningkatkan jumlah pembaca seuah tulisan. Ini karne otak manusia suka membaca tulisan yang mudah dipahami, atau setidaknya tidak membuat mereka berpikir terlalu keras memahaminya.

Tuisan natural di sini artinya tidak kaku atau terlalu berantakan susunan idenya. Membaca sama halnya ketika Anda mendengar cerita, bedanya ketika membaca, pembaca membuat sendiri susunan ide tulisan di pikirannya.

Jadi ketika penulisan tidak rapih seperti cerita, maka orang tidak akan menyukainya. Dimulai ketika pembaca melihat judul, mereka sudah punya gambaran atau ekspektasi terkait isi. Adanya subjudul yang semakin spesifik akan memudahkan mereka punya gambaran.

Menulis Konten Bermutu Adalah Ciri Artikel Bagus

Pada dasarnya semua orang bisa menjadi penulis artikel, karena ini ibarat kegiatan bercerita. Cuma bedanya, dalam menulis artikel secara natural yang berkualitas diperlukan adanya struktur untuk mempermudah pembaca mengerti tulisan.

Semua orang tentu bisa bercerita, namun ketika menuangkannya dalam tulisan, bisa saja terjadi perubahan inti cerita atau malah berantakan susunannya. Untuk membuat sebuah tulisan artikel bisa secara baik, maka konten atau bahasannya berbobot.

Pembaca setidaknya memperoleh manfaat setelah menyelesaikan bacaannya. Sehingga untuk membuat cerita yang akan disampaikan mudah dipahami dan menarik, diperlukan suatu teknik dalam menulis.

Jika tulisan dibuat menggunakan teknik yang berkualitas, pembaca bisa betah membaca karena ada manfaat yang diperoleh dari sana. Berbeda dengan tulisan dengan kemampuan minim, penulis tidak menulis artikel secara natural membuat pembaca kurang berkesan.

Artikel Bermutu, Menulis dengan Teknik dan Natural

Sebuah tulisan biasanya tidak bisa diprediksi siapa saja yang akan mampir membacanya. Jadi untuk membuat lebih menarik sejak awal, diperlukan pengantar agar membuat pembaca tertarik atau bahkan penasaran.

Mungkin ada yang berpikir judul saja cukup sebagai pengantar, namun paragraph pembuka juga berpengaruh. Teknik menulis yang baik dimulai dari pengantar bagus, sehingga pembaca akan tahu apakah lanjut membaca atau meninggalkan tulisan.

Sebaiknya menulis artikel secara natural diawali dengan membuat paragraph pengantar yang singkat dan jelas. Jangan sampai malah berlebihan dan kepanjangan, yang membuat pembaca bosan. Yakinkan bahwa mereka segera mengetahui inti tulisan saat membaca pengantar.

Karena pada dasarnya manusia bosan embaca paragraph dan kalimat panjang, maka susunan tulisan artikel bermutu haruslah singkat dan jelas. Kalimat maupun paragraph pendek kelihatannya lebih mudah diselesaikan dan dipahami.

Dan yang paling berdampak ialah, sebuah tulisan yang bercerita. Manusia suka mendengar cerita karena naturalnya sebagai makhluk sosial. Sehingga ketika tulisan dibuat seperti cerita akan jauh lebih berkesan dan menarik bagi penulis.

Sekalipun jenis artikel yang akan ditulis bukan cerita, menulis artikel secara natural haruslah dengan bercerita untuk meningkatkan daya tariknya. Ini ibarat pembaca sedang mendengar orang lain bercerita serta turut mempermudah pemahaman maksud tulisan.

Cerita di sini bukan basa-basi melainkan menerapkannya sebagi analogi atau ilustrasi sehingga tulisan tampak natural. Misalnya ketika ada ide pembahasan yang cukup asing, cerita ikustrasi akan mempermudah penyampaian pesan tulisan.

Bercerita membuat pembaca dalam memahami tulisan terasa alami saja mengalir. Ini membantu pembaca semakin berkesan dengan maksud tulisan sehingga betah membaca hingga akhir artikel.

Artikel bisa bermutu maka penulis tidak boleh berhenti memperbaiki diri, mulai dengan mengikuti panduan aturan menulis artikel yang umum. Kemudian dilanjut menulis dengan teknik sendiri agar menulis artikel secara natural untuk kepuasan pembaca.

About the author