Pedoman Penulisan Laporan Karya Ilmiah Yang Baik dan Benar

Pedoman Penulisan Laporan Karya Ilmiah Yang Baik dan Benar

Menulis laporan skripsi bukanlah hal yang mudah bahkan untuk sebagain besar mahasiswa. Dibutuhkan pemahaman dan perhatian lebih terhadap komponen dan kaidah penulisan. Karya ilmiah ini tidak hanya dinilai dari bagusnya topik dan pembahasan, melainkan sistematika penulisan juga ikut andil. Metode menulis laporan skripsi harus dipelajari oleh mahasiswa dari tahapan perencanaan penelitian. Ini akan menjadi dasar yang baik untuk tahapan selanjutnya.

Sistematika Penulisan Bagian Pendahuluan Laporan Skipsi

Pendahuluan merupakan bagian inti dalam penulisan laporan skripsi. Pendahuluan sendiri tersusun dari empat komponen utama yaitu latar belakang, pendekatan dan perumusan masalah, tujuan dan manfaat serta lokasi dan waktu pelaksanaan penelitian.

  1. Latar Belakang

Latar belakang berisikan pentingnya penelitian yang dilakukan. Hal ini ditunjukan secara tegas dengan memberikan justifikasi dan alasan mengapa penelitian tersebut penting untuk dilakukan. Justifikasi yang dicantumkan merupakan ringkasan mengenai pernyatan dan pendugaan awal mengenai permasalahan yang diambil dimana hal ini akan diperkuat menggunakan kajian leteratur spesifik yang sesuai dengan pernyatan tersebut.

Metode menulis laporan skrispi untuk latar belakang diawali dengan pernyataan atau informasi yang bersifat lebih umum, kemudian semakin mengerucut ke dalam hal-hal spesifik yang terkait dengan permasalahan yang akan dikaji. Topik, tema atau permasalahan hendaknya terfokus pada bantuan dengan memanfaatkan kata kunci.

  1. Pendekatan dan Perumusan Masalah

Permasalahan penelitian yang dikaji harusnya faktual dan tidak mengada-ada. Masalah sendiri merupakan perbedaan kesenjangan atara harapan dan kenyataan. Masalah dapat ditemukan sebagai hasil kajian secara mendalam dan komprehensif penulis terhadap sumber literatur yang relevan dengan topik penelitian.

  1. Tujuan dan Manfaat

Tujuan penelitian dijabarkan guna memperoleh pengetahuan empiris yang dapat dimanfaatkan untuk menjawab permasalahan yang dikemukakan dalam latar belakang. Tujuan wajib dikemukaan secara jelas, singkat dan selaras dengan topik atau parameter utama. Selain itu, tujuan harus selaras dengan judul, latar belakang, dan permasalahan penelitian.

Manfaat penelitian menggambarkan faedah yang diharapkan dari hasil penelitian bagi perkembangan ilmu pengatahuan dan teknologi serta mendapatkan solusi terbaik untuk pemecahan permasalahan yang diambil.

  1. Lokasi dan Waktu Penelitian

Metode menulis laporan skripsi untuk komponen ini harus dinyatakan dengan jelas, disertai dengan letak geografisnya dan dilengkapi dengan peta yang dibuat menurut kaidah kartografi yang benar. Periode waktu pelaksanaan penelitian dapat dijabarkan tanggal awal hingga akhir penelitian.

Setiap instansi memiliki metode menulis laporan skripsinya masing-masing. Meskipun terkadang metodologi penulisan ini berbeda, namun pada hakikatnya mengandung unsur utama yang sama. Metodologi penulisan harus dipelajari secara mendetail agar terciptaka pemahaman yang tepat sehingga laporan skripsi yang dihasilkan benar, berbobot dan minim dari kesalahan. Sistematika yang tepat sesuai dengan kaidah yang berlaku adalah modal utama dalam metode menulis ini.

About the author