Pengertian dan Panduan Membuat Desain Web Adalah

Pengertian dan Panduan Membuat Desain Web Adalah

Pernah mendengar apa itu desain web? Desain web adalah bentuk grafis saat membuat halaman website. Desain web ini memiliki fungsi yang penting karena akan berpengaruh dalam membuat halaman website yang menarik.

Persiapan dan Tahapan Membuat Desain Website

Dalam membuat desain website tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Ada tahapan yang perlu untuk Anda lakukan terutama saat Anda hendak membuat website tersebut untuk klien.

Tahapan dalam membuat desain web adalah:

  • Tentukan Tujuan

Tentukan terlebih dahulu tujuan dalam membuat website. Apakah hanya sebatas untuk landing page, keperluan online shop atau yang lainnya.

Jika Anda bekerja sama dengan klien, maka Anda harus menanyakan ingin membuat website seperti apa. Dengan begitu, Anda tahu secara pasti website seperti apa yang akan dibuat.

Pengertian dan Panduan Membuat Desain Web Adalah
Pengertian dan Panduan Membuat Desain Web Adalah
  • Tentukan Platform

Tujuan pembuatan website juga berkaitan dalam menentukan platform. Pada dasarnya, ada 3 metode untuk membuat website yaitu:

  1. Coding HTML dan CSS.
  2. Website Builder.
  3. CMS.

Ketiga jenis metode pembuatan tersebut disediakan oleh jasa web design murah. Masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Misalnya CMS ataupun website builder yang lebih cocok untuk pemula karena lebih mudah dalam mengelolanya.

  • Trend

Tentu Anda perlu memperhatikan trend, terutama untuk website yang memiliki sasaran pasar anak muda. Kenapa perlu memperhatikan trend? Agar Anda bisa mendapatkan website yang menarik sehingga visitor Anda betah saat berkunjung ke website Anda.

  • Merancang Layout

Ketika Anda sudah tahu apa yang akan dibuat, maka tahapan selanjutnya adalah merancang layout. Perancangan ini berguna sebagai patokan saat Anda membuat desain website tersebut dalam bentuk digital.

Dalam penyusunan layout ini, Anda harus mempertimbangkan elemen pada website seperti konten, header dan footer. Saat membuatnya, maka Anda harus membuat yang paling dasar terlebih dahulu hingga nanti Anda akan mendapatkan 3 jenis draft yaitu wireframe, mockup dan prototype.

  • Perhatikan Tampilan Visualnya

Jangan lupakan mengenai komposisi. Elemen komposisi ini diantaranya adalah gambar, warna, tulisan dan peletakannya. Hirarki visual ini penting untuk diperhatikan karena akan memberikan pengaruh besar pada menarik atau tidaknya suatu website.

Contohnya, menonjolkan elemen tertentu di konten. Dengan begitu, pengunjung website akan lebih mudah dalam mendapatkan suatu informasi saat visitor berkunjung ke situs Anda.

  • Navigasi dan Grid

Perhatikan navigasi dan grid. Buat senyaman dan strategis mungkin navigasi seperti tombol check out pada toko online. dengan begitu, visitor akan lebih mudah dalam menggunakan website yang Anda miliki.

Sedangkan grid berkaitan dengan struktur halaman untuk kolom tertentu, misalnya berita terbaru. Dalam penataan ini, Anda perlu mempertimbangkan peletakannya. Apakah sudah cukup strategis dan dilihat oleh visitor atau belum.

  • Prototype dan Pengujian

Jika Anda sudah mengatur keseluruhan dari desain website tersebut, maka Anda harus membuat prototype atau mock up bersifat interaktif. Fungsi dari prototype ini adalah sebagai demo. Jadi, saat dipresentasikan ke klien, klien akan menilai apa saja yang perlu diperbaiki.

Setelah itu, lakukan pengujian terutama saat Anda sudah melakukan developing website. Perhatikan mengenai keamanan, fungsi tombol dan juga halamannya. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau belum.

Jadi, pengertian desain website adalah bentuk grafis dari halaman website. Sedangkan untuk mebuatnya, Anda perlu melakukan tahapan-tahapan tertentu hingga pembuatan prototype sebelum di developing

About the author