Pengertian Press Release Adalah

Pengertian Dari Press Release Adalah

Entah anda baru terjun dalam dunia Public Relation, atau sudah berkutat di bidang industri untuk beberapa waktu, hingga saat ini pengertian khusus dari Press Release masih belum jelas. Pelajari artikel berikut ini dengan seksama, agar bisa mengerti dengan apa yang dimaksud Press Release itu.

Press Release Adalah… 

Secara umum, Press Release adalah sebuah alat untuk memberitahukan suatu informasi, yang layak untuk diberitakan dengan cara seobjektif mungkin. Tujuan utama dari sebuah Press Release adalah untuk menjangkau dan mendapatkan perhatian dari audiens yang sudah ditargetkan. 

Banyak yang menganggap Press Release sudah mati, membosankan dan menarget sekelompok audiens yang tidak tepat atau karena terlalu bersifat promosi. Benarkah anggapannya demikian? Untuk mematahkan mitos-mitos tersebut, sebaiknya kita lebih mengenal lebih jauh apa Press Release itu.

Pada dasarnya, sebuah Press Release itu adalah bentuk dari komunikasi. Press Release bisa ditulis, direkam ataupun dipresentasikan. Sebuah alat untuk menginformasikan sesuatu yang penting yang layak disajikan sebagai berita, dengan tujuan untuk mendapatkan perhatian dari para audiens. 

Komponen Penting Dalam Press Release

Sepertinya sangat sederhana bukan? Namun sayangnya, hal ini tidak dipahami dengan baik oleh kebanyakan Public Relations maupun audiens itu sendiri. Dalam membuat sebuah Press Release ada tiga komponen penting yang wajib untuk bisa dipahami yakni :

  • Informasi layak diberitakan – mencakup aturan dasar pemberitaan, What, When, Who, Where, Why, How.
  • Seberapa penting – menjelaskan secara mendetail sejumlah hal yang penting untuk diberitakan dan diinformasikan kepada audiens. 
  • Informasi tambahan – menambahkan sejumlah informasi biasanya terkait profil dan background perusahaan yang digunakan untuk meningkatkan branding.

Dalam membuat sebuah Press Release yang baik, bisa dimulai dengan sejumlah pertanyaan dasar seperti, Apa? Siapa? Kapan? Di mana? Mengapa? Dan Bagaimana? Berpatokan pada pertanyaan dasar ini bisa menentukan apakah sebuah Press Release itu layak diberitakan atau tidak. Jika hal ini diabaikan, maka Press Release itu hanya akan menjadi sampah, terabaikan begitu saja oleh audiens. 

Bagian paling penting untuk bisa menjangkau dan mendapatkan perhatian adalah dengan merilisnya ke sekelompok audiens yang tepat. Dari sejumlah riset, para wartawan yang menerima press release dari perusahaan, topik yang diberikan sangat tidak relevan dengan apa yang biasa mereka bahas. Misal jika media itu bergerak di bidang kosmetik, jangan sampai mengirimkan Press Release tentang produk teknologi. 

Press Release harus dibuat dengan singkat dan jelas. Usahakan juga Press Release itu memungkinkan untuk tinggal di copy paste saja. Sebab para jurnalis di media itu selalu sibuk, dan jika isi Press Release terlalu panjang dan butuh banyak editing, mereka tidak akan mengacuhkan Press Release tersebut, karena mereka tidak punya waktu untuk hal itu. 

Kebanyakan jurnalis menginginkan Press Release dengan informasi yang jelas dan langsung menuju pokok bahasan. Press Release yang sudah ditulis menjadi sebuah artikel, memiliki kemungkinan jauh lebih besar untuk didistribusikan oleh media. 

About the author