Sistematika Penulisan Makalah yang Baik dan Benar

Sistematika Penulisan Makalah yang Baik dan Benar

bigfish – Aktivitas tulis menulis merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan. Salah satu bentuk tulisan yang sering dibuat oleh kalangan ilmuan adalah makalah. Makalah adalah jenis karya ilmiah yang ditulis dengan struktur yang lebih sederhana dan ringkas. Secara umum, sistematika penulisan makalah harus mengikuti kaidah penulisan karya ilmiah. Hal ini adalah kunci utama untuk membuatnya secara baik dan benar.

Tips Menulis Makalah Ilmiah yang Efektif

Dalam menulis makalah, terdapat dua hal yang harus diperhatikan dengan baik dan benar yaitu ketentuan penulisan dan elemen dasar penulisan. Dua hal ini harus diterapkan dengan baik agar makalah yang dibuat benar dan menarik.

Ketentuan-ketentuan dalam penulisan makalah yang harus diperhatikan antara lain:

  1. Ukuran Huruf dan Font

Pemilihan jenis Font dan ukurannya adalah hal yang sangat krusial. Jangan gegabah karena unsur ini sangat perpengaruh kepada minat pembaca. Gunakanlah ukuran dan jenis font standar yaitu Times New Romah ukuran 12 atau Calibri ukuran 11. Kedua font tersebut akan membantu dalam menyajikan makalah yang ramah dan nyaman untuk mata pembaca.

  1. Spasi

Spasi merupakan jarak atau ruang antar kata dalam sebuah teks. Unsur ini harus disesuaikan dengan ukuran dan jenis font yang dipakai dengan tujuan agar menciptakan kesan nyaman dalam membaca dan menciptakan tata letak ruang yang efesien. Secara umum, spasi yang digunakan dalam sistematika penulisan makalah adalah 1,5 atau 2.

  1. Pengaturan Paragraf

Pengaturan paragraf ini bertujuan agar penulisan makalah tersusun dan terorganisir rapi di setiap sisi sehingga menciptakan kesan dan minta membaca yang baik. Pengaturan paragraf yang biasa digunakan adalah Justify atau rata kanan dan kiri dengan batas kertas yang ditentukan.

  1. Nomor Halaman

Nomor halaman bertujuan untuk mengetahui jumlah halaman dalam makalah. Dalam sistematika penulisan makalah, unsur ini sebenernya tidak jadi permasalahan karena tata letaknya dapat disesuaikan dengan format yang diinginkan penulis. Namun dalam kaidah penulisan karya ilmiah, nomor halaman yang berisiakan judul terletak di center bawah sedangkan yang lainnya terletak di pojok kanan atas.

  1. Pengaturan Margin

Margin merupakan jarak antara batas kertas dengan awal huruf. Margin ini bertujuan untuk membuat tata letak penulisan makalah tersusun rapi sehingga nyaman untuk dibaca dan dilihat oleh mata. Secara umum, karya ilmiah menggunakan ukuran margin sebagai berikut: 3 cm untuk batas atas (Top), bawah (Bottom) dan kanan (Right), 4 cm untuk batas kiri (Left).

Sesuai dengan kaidah penulisan karya ilmiah, sistematika penulisan makalah mencangkup:

  1. Halaman Judul

  2. Judul

  3. Kata Pengantar

  4. Daftar Isi

  5. Bab 1 Pendahuluan

  6. Bab 2 Hasil dan Pembahasan

  7. Bab 3 Penutup

  8. Daftar Pustaka

  9. Lampiran (Jika Ada)

Memahami sistematika penulisan jasa penulis artikel bahasa indonesia makalah adalah tahap awal untuk menciptakan karya tulis ilmiah yang baik dan diminati oleh pembaca. Dengan memahami kaidah, unsur dan format yang tepat akan membuat makalah yang dibuat tidak hanya bagus dalam penulisan saja, namun isi didalamnya akan tersampaikan secara tepat dan efektif.

About the author