Cara Mendaftarkan Domain

6 Cara Mendaftarkan Domain Yang Baik Dan Benar

Bagaimana cara mendaftarkan domain yang baik dan benar? Tentu saja ini dapat anda lakukan dengan mudah. Pada saat anda membangun suatu website, pasti anda akan memerlukan nama domain. Umumnya, nama domain merupakan nama yang terletak di belakang dan memiliki peran penting. Dimana domain berperan seperti alamat situs web anda yang artinya jika visitor ingin mengunjungi situs anda tentunya mereka akan mengetik nama domain milik anda agar dapat diakses.

Lantas bagaimana cara mendaftarkan nama domain? Bagi anda yang ingin melihat cara-caranya, maka anda dapat lihat pada ulasan berikut ini.

1. Memilih Penyedia Layanan yang Tepat

Cara yang paling pertama dalam mendaftarkan domain yang baik dan benar adalah anda harus memilih penyedia jasa domain atau hosting yang terpercaya dan bisa anda andalkan. Cara mendapatkan provider yang baik dan berkualitas bisa anda lakukan dengan mudah, hal ini sama seperti dengan memilih jasa pembuatan web. Dalam hal ini anda dapat melihatnya dari segi pembayaran. Jadi, jasa yang berbayar menjadi jasa yang harus anda gunakan ketimbang jasa gratisan. Jika masih, ragu anda dapat memakai provider premium yang berasal dari Indonesia.

2. Cek Domain

Bagaimana cara mendaftarkan domain? Setelah mendapatkan provider yang tepat, maka anda dapat mencari halaman dalam mengecek domain name. Tapi, usahakan anda harus memperhatikan tentang beberapa hal, misalnya memakai nama domain yang pendek, jelas dan mudah untuk diingat. Bukan hanya itu saja, anda juga harus memperhatikan tentang trademark atau merek yang telah terkenal. Perlu anda ketahui kalau ini bisa membuat anda dituntut, jadi akan lebih baik anda menghindar.

3. Tentukan Nama Server dan ID Protection

Ini adalah tahap yang sangat penting, karena ini akan menentukan keamanan dari nama domain milik anda. Alamat email, alamat domisili dan telepon tak akan diketahui oleh para spammer atau kejahatan lainnya jika anda sudah menentukan nama server dan ID protection yang baik dan benar.

4. Tambahkan Alamat Kontak Domain

Sesudah itu, seringkali provider akan meminta anda untuk mengisi profile yang berisi tentang alamat kontak, alamat email dan lain sebagainya. Apabila anda membeli nama domain yang akan mewakili perusahaan, maka usahakan anda gunakan email serta nomor telepon yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

5. Konfirmasi Pembayaran

Cara mendaftarkan domain yang berikutnya adalah anda harus mengkonfirmasi pembayaran jika sudah melakukan beberapa cara yang telah ada diatas. Anda dapat mengikuti langkah-langkah dalam konfirmasi pembayaran dari prosedur yang sudah diterapkan oleh provider yang anda gunakan saat ini. Seringkali mereka akan meminta anda untuk mengisi form konfirmasi, lalu anda hanya perlu menunggu provider untuk mengaktifkan domain name yang telah anda beli.

6. Cek Status Domain

Untuk cara yang paling terakhir dalam mendaftarkan nama domain, dimana anda dapat mengecek status dari nama domain itu sendiri. Dalam pengecekan, dimana anda dapat memakai sistem pengecekan nama domain yang gratis dan sudah tersedia di dunia internet saat ini. Sebagai tools yang bisa anda gunakan dalam pengecekan nama domain adalah WHOIS. Dengan tools ini anda akan melihat masa aktif domain tersebut dengan informasi lainnya yang detail.

About the author