Biaya Arsitek Rumah

Mau Tahu Biaya Arsitek Rumah? Yuk Simak Pembahasannya

Mau tahu biaya arsitek rumah? Mungkin anda menjadi orang yang beruntung jika ada disini. Sebab, pada saat ini kami kembali hadir lagi untuk membahas tentang seputaran biaya dari seorang arsitek rumah. Umumnya, membangun rumah bukan menjadi hal yang sederhana. Ada banyak hal yang akan diperhatikan oleh anda dalam pembangunan rumah tersebut.

Dalam hal ini, andaharus mencari tahu tentang ukuran hingga arah hadap tiap ruangan dan materialh serta pondasi buat pembangunan rumah yang ada. Bukan hanya itu saja, anda juga harus mencari tahu tentang berapa biaya dari seorang arsitek dalam pembangunan rumah. Untuk mencari tahunya, bisa dibilang cukup sulit karena arsitek yang ada di Indonesia terdiri berbagai macam penyedia jasa.

Namun, anda bisa mencari tahu dengan mengikuti dua metode berikut ini.

Biaya Arsitek Rumah dengan Hitungan Presentase

Anda sedang mencari tahu tentang berapa biaya arsitek rumah? Jika anda mencari tahunya, mungkin anda dapat mengetahui dengan cara hitungan presentase. Sistem yang seperti ini memungkinkan kalau arsitek dapat memenuhi permintaan perubahan perencanaan ditengah jalan dari pemilik hunian. Pasalnya, biaya dari jasa desain rumah online terbaik dan juga jasa arsitek online dihitung dengan total biaya pembangunannya hingga bangunannya selesai.

Apabila memakai presentase RAB, tarif yang akan diterima arsitek berpengalaman bisa sama dengan arsitek junior. Tentu saja ini akan membuat kerugian bagi pengguna jasa atau arsitek tersebut. Misalnya tarif tersebut terlalu tinggi, pengguna jasalah yang akan merasa terbebani. Jika tarifnya terlalu rendah, tentu saja arsitek yang berpengalaman akan rugi. Hal ini dikarenakan tidak ada tolak ukur antar sesama arsitek.

Sebagai contoh, jika bangunan dikerjakan berupa rumah tinggal dengan rencana anggarannya sebesar 200 juta, tarif arsitek akan berkisaran 8% x 200 juta. Jadi jasa arsitek akan mendapatkan kurang lebih 16 jutaan. Namun, perlu anda ketahui kalau ini menjadi salah satu cara perhitungan yang mudah untuk mengetahui tentang berapa harga dari jasa desain rumah ataupun arsitek.

Biaya Arsitek Rumah dengan Hitungan Meter Persegi

Berapakah biaya arsitek rumah? Untuk mencari tahu berapakah biayanya, anda bisa mengetahuinya dengan cara menghitung dari meter persegi. Anda harus tahu kalau metode yang seperti ini bisa membuat arsitek berpengalaman tarif yang lebih tinggi jika membandingkannya dengan arsitek junior. Pasalnya, makin berpengalaman makin baik skill dari seorang arsitek, tentu saja biaya tersebut akan makin mahal.

Metode pembayaran yang seperti ini sudah banyak yang memakainya di Indonesia, sebab dianggap sebagai metode yang paling adil. Namun, jangan salah sdulu, meskipun tarif arsitek di cara yang seperti ini dihitung dengan melihat dari skill atau pengalamannya, tapi menurut IAI (Ikatan Arsitek Indonesia), di tahun 2012 tersedia ketetapan minimal honorarium arsitek sebesar 200 ribu dalam meter persegi atau dinilai sebesar 7% dari jumlah pembangunannya.

Sebagai contohnya, tarif dari arsitek berkisaran 200 ribu per m2 dengan luas bangunan yang ada berkisaran 90 m2. Maka biaya dari total pembangunan tadi tersebut, yakni 200 ribu dikalikan dengan 90, maka hasilnya kurang lebih 18 jutaan.

About the author