target pasar

Perlukah Menentukan target Pasar Sebelum Beriklan di Medsos?

Beriklan menjadi kunci utama agar orang lain tahu produk Anda dan kemudian membelinya. Salah satu cara beriklan adalah dengan menggunakan media sosial. Namun, masing-masing media sosial memiliki karakteristik tersendiri yang bisa Anda manfaatkan.

Walaupun begitu dan banyak cara mudah memasang iklan instagram ataupun di media sosial lainnya, hal yang harus anda siapkan adalah target pasar. Kenapa harus mencari target pasar? Agar jualan Anda menjadi lebih terfokus. Tidak hanya untuk penjualan online, namun penjualan offline juga perlu target pasar.

Bayangkan, jika Anda ingin menjual dan Anda belum tahu akan menjual ke siapa. Anda kemudian menjual produk yang Anda miliki tersebut ke siapa saja, yang penting laku. Sebaliknya saat Anda sudah memiliki target pasar, misalnya wanita yang sudah menikah, Anda akan lebih mudah menjualnya. Dengan begitu, Anda tidak hanya hemat tenaga namun juga hemat waktu.

taget pasar
taget pasar

Selain itu, ada 3 alasan penting mengapa Anda harus menentukan target pasar.

  • Penempatan Iklan

Dengan memiliki target pasar, Anda tentunya akan tahu media sosial apa atau tempat mana yang perlu dikunjungi. Misalnya, untuk wanita usia 30-40 tahun, apakah lebih banyak menggunakan facebook atau instagram. Setelah Anda tahu tempat atau platform mana yang pas, Anda akan bisa memasang iklan sesuai dengan algoritma atau ketentuan di media sosial tersebut.

  • Menentukan Waktu Iklan

Tidak setiap orang mengunjungi media sosial 24 jam dalam seminggu. Akan ada waktunya tertentu dimana pengguna media sosial tersebut berseluncur di dunia maya seperti media sosial. Jika Anda tidak tahu targetnya, Anda jelas akan memasang iklan kapan saja Anda suka.

Namun, jika Anda memiliki target pasar dan Anda juga sudah tahu waktu pengiklanan yang tepat, Anda bisa memasang iklan sesuai dengan waktu prime time tersebut. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang melihat iklan yang Anda pasang. Akibatnya, tingkat konversi juga akan semakin tinggi.

  • Membuat Strategi Pemasaran

Lewat target pasar yang sudah Anda tentukan tersebut, tentunya Anda akan bisa menentukan strategi beriklan seperti apa yang tepat. Misalnya iklan jenis video story telling atau justru hard selling.

Penentuan dan pengaplikasian strategi yang tepat, tidak hanya secara online namun juga secara offline, akan lebih efektif dilakukan. Apalagi jika bisnis Anda sedang dalam kondisi yang tidak sehat dan memiliki budget terbatas untuk melakukan iklan.

Itulah mengapa Anda harus segera menentukan target pasar. Anda bisa mencari berdasarkan pada persamaan gender, kesukaan, kota, usia ataupun yang lainnya. Semoga Anda mendapatkan target pasar yang tepat ya. 

About the author