Press Release Adalah

Press Release Adalah

Dalam artian umum, Press Release adalah sebuah informasi atau pernyataan resmi yang dikirimkan kepada sejumlah media untuk kemudian sebagai sarana penyampaian informasi, atau untuk sebuah pemberitahuan. Informasi resmi itu biasanya dikirim dalam bentuk fisik maupun secara elektronik.

Bagi perusahaan media, Press Release sangat membantu karena dianggap lebih menghemat biaya, karena perusahaan tidak perlu melakukan liputan atau wawancara khusus untuk mendapatkan sebuah berita. 

Kecepatan Publikasi

Namun meski sebuah perusahaan bisa menghemat waktu dan biaya dalam melakukan publikasi Press Release, publik ingin mendapatkan informasi itu secepat mungkin. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan media, untuk bisa menyajikan Press Release dalam waktu sesegera mungkin namun dengan format dan struktur bahasa yang baik, benar dan bersifat resmi. 

Tujuan Pembuatan Press Release

Tujuan utama dari sebuah berita Press Release adalah untuk menginformasikan atau mempromosikan sesuatu yang penting, spesifik dan dibuat dengan sangat jelas. Selain itu, Press Release adalah sebuah dokumentasi dengan format yang sangat ketat pada aturan, dan pada dunia marketing berkutat pada :

  • Untuk memberitahu media sebuah event dengan harapan bisa menyebar ke publik.
  • Untuk membagi informasi tentang sebuah bisnis, dengan harapan para jurnalis bisa melihat sebuah cerita dibaliknya dan membuat berita tentang hal tersebut.
  • Untuk mempromosikan bisnis agar mendapatkan daya tarik melalui blog, website atau juga sosial media.

Untuk sarana promosi di sosial media saat ini masih menimbulkan banyak perdebatan, apakah platform tersebut cocok dijadikan media Press Release. Namun yang pasti, saat ini sosial media menjadi media interaksi secara langsung dengan publik yang ampuh.

Model Penyampaian

Pada metode tradisional, perusahaan, tokoh dan kelompok politik, atau pihak lainnya mempublikasikan Press Release dengan cara merekrut agensi untuk menuliskan dan mendistribusikan ke jaringan media massa. Selanjutnya pihak media massa akan membagikannya kepada jurnalis mereka untuk melakukan pemeriksaan dan ulasan.

Cara alternatifnya yakni dengan mempublikasikannya sendiri. Dalam hal ini, pihak perusahaan maupun organisasi membuat sendiri Press Release dan membagikan langsung ke media atau melalui jasa distribusi berbayar.

Element Dalam Press Release

Sebuah konten Press Release memiliki beberapa elemen dalam penyusunan struktur kontennya. Menurut Big Blog Press Release biasanya terdiri dari 4 sampai 5 paragraf dan memiliki jumlah kata sekitar 300 hingga 800 kata. Berikut sejumlah elemen yang biasa digunakan dalam Press Release secara umum :

  • Ada sebuah Logo, atau Kop Surat
  • Informasi Kontak, biasanya berisi nama perusahaan, alamat, dan nomor telepon dan informasi perusahaan lainnya
  • Headline, dipakai untuk menarik perhatian jurnalis dan mempertegas topik yang dibahas
  • Dek, semacam sub-headline untuk mendeskripsikan topik secara lebih mendetail
  • Dateline, berisi kapan waktu untuk Press Release itu harus ditayangkan
  • Intro, paragraf pertama yang biasanya berisi jawaban dari topik yang sedang dibahas
  • Body, penjelasan lebih lanjut dan mendalam yang bisa berisi informasi utama. Biasanya disajikan dalam bentuk grafik, statistik, dll.
  • Boilerplate, biasanya berisi tentang penjelasan singkat dari informasi perusahaan atau organisasi yang membuat Press Release
  • Penutup, biasanya ada simbol yang digunakan sebagai penutup Press Release. Di Amerika biasanya berupa simbol -30-, di beberapa negara lain menggunakan simbol #### atau juga kata End atau Habis.

About the author